Live World Indices are Powered by Forexpros - The Leading Financial Portal.

Sabtu, 25 April 2009

trend lines

Learning : TA - Trend Lines 101

Salah satu pertanyaan mendasar tentang trend lines adalah apakah trend lines benar – benar ada? Atau sebenarnya trend line sebenarnya tidak ada? Dan seberapa valid kah trend$ lines itu?.

Sebenarnya.. trend lines itu benar – benar ada dan dapat dibuktikan keberadaanya dengan berbagai gejala alam yang terjadi di dunia nyata. Beberapa contoh gejala alam yang berhubungan dengan trend lines adalah KUTU LONCAT.

Kutu loncat sebenarnya punya kemampuan lompat yang cukup tinggi. Bisa lebih dari 30Cm. Namun jika kutu lompat tersebut diletakkan pada sebuah kotak korek api dan dibiarkan, maka ketika dilepaskan, kemampuan lompatnya akan turun dari 30cm akan turun jadi hanya setinggi kotak korek api. Mungkin karena si kutu trauma tiap kali lompat tinggi kepalanya kebentur.

Hal yang sama juga terjadi pada harga saham. Karena yang mengendalikan harga saham adalah psikologis pasar, sehingga fenomena yang terjadi pun sama. Kita anggap saham adalah kutu, bagian atas kotak adalah resisten dan bagian bawah adalah support. Sama seperti kutu, harga akan lompat ketika di support dan bakalan turun ketika sentuh resisten atau akan makin turun jika support tembus.

Di atas adalah contoh pergerakan harga yang sideway. Nah, teknik tradingnya adalah, buy on break. Karena ketika break, psikologis pasar akan berkata bahwa, harga pasti naik, sebab mahal atau murahnya suatu saham adalah PERSEPSI. Ketika dalam kotak, pelaku pasar menganggap bahwa harga sudah cukup mahal. Namun ketika keluar dari kotak, ternyata harga yang lebih tinggi bisa tercapai. Bagaikan kutu yang berusaha lompat dan menembus kotak korek api pastilah kutu yang kuat sekali (NGEYEL MODE ON).

Contoh lain adalah meteor. Saat ini ilmuwan telah melihat ada meteor yang mungkin menambak bumi di tahun 2020 - 2040an. Dengan kemunggkinan tabrakan 1:45 ribu kemungkinan. Yah tentu saja… jangan khawatir dulu… Hidup di tangan TUHAN,he3…

Salah satu solusi adalah dengan mengalihkan SEDIKIT saja dari lintasan meteor itu. Dari jarak puluhan ribu bahkan ratusan ribu kilometer atau jutaan kilometer. Namun dampaknya sangat signifikan sehingga bisa menghindari tabrakan dengan bumi.

Kita misalkan lintasan meteor = trend line.. lintasan meteor yang berubah = trend line yang patah maka kita perlu hati – hati terdahap trend line yang patah karena dapat mengubah arah trend.

Selain itu dalam suatu trend lain yang besar terdapat juga trend line yang lebih kecil., disebut NESTED TREND LINE. Contoh kejadian alam, Bulan mengeliling Bumi (short term) bumi mengelilingi matahari (mid term) matahari keliling galaxy (longterm) galaxy mengeliling semesta (SUPER LONG TERM). Ada juga penelitian yang membuktikan bahwa pada angin topan yang besar, terdapat angin topang – angin topan kecil di sekelilingnya yang berputar seperti lintasan electron mengelilingi neutron pada lintasan Atom.

Hal yang sama berlaku juga pada pergerakan harga saham pada suatu trend line besar (biasanya LONG TERM). Dari sini dapat kita simpulkan bahwa trend line benar – benar ada dan dapat diprediksi seperti kita memprediksi gejala alam.contoh gempa bumi, cuaca,meteor, atom, dll.

Masalah yang muncul seperti dikatakan Isaac Newton “Aku dapat memprediksi gerakan bintang – bintang di langit, namun tidak dapat meprediksikan KEGILAAN MANUSIA” kegilaan manusia = KEGILAAN PASAR / Irasional pasar. Disinilah Cut Loss sangat diperlukan..

Contoh yang paling akurat mengenai trend adalah KOMPUTER. bandingakn komputer saat ini dengankoputer Mula - mula, beda jauh bukan. Komputer mula - mula komputer awalny asangat besar, bahkan sebesar lapangan bola dan memerlukan listrik yag sangat besar untuk menyalakannya.

Kemudian muncul super komputer yang sebesar satu ruangan kerja, dan makin kecil hingga menjadi komnputer desktp dan pada akhirnya LAPTOP, kompter kecil dengan berat kurang dari 5 kg dan sangat hemat listrik. Bahkan komputerpun berkembang menjadi SMART PHONE seperti Blckberry dengan ukuran HANYA segede tangan.

Nah trendnya terlihat kan, bahwa TREND arah perkembangan komputer menuju ke arah makin kecil, dan juga makin cepat. dari hal ini dapat kita prediksi lagi ke depannya bahwa komputer di masa depan akan makin kecil.

Learning : TA - Konsep Trend (3:Sideway)

SIDEWAY

SIDEWAY

Sideway : Biasa ditandai dengan pergerakan harga saham yang sangat terbatas. Atau jika kita memakai candle, maka dapat terlihat bentuk cande yang pendek – pendek.

BIasanya juga disertai dengan volume transaksi yang kecil juga. Tanda berakhirnya masa sideway adalah perubahan harga yang besar sehinga membuat suatu candle yang panjang. Dan juga munculnya Volume yang timggi.

Biasanya masa sideway merupakan masa penting penentuan arah berikutnya pada harga saham. setelah masa sideway biasanya harga saham akan naik tinggi (makin lama sideway biasanya akan makin tinggi_) atau juga turun jauh ke bawah. Contoh yang naik tinggi : ASII (+20% dari sideay area) dan yang turun drastis : ANTM (-20%) (tertanggal 29 july 2008)

Stratagi :

  • Gunakan teknik UKM (Untung Kecil Mbat )untuk ODT (One day trading)
  • Untuk yang punya time frame lebih panjang dan yakin dengan fundamental saham,biasanya saat –saat sideway merupakan saat terbaik untuk mengumpulkan (akumulasi)
  • BUY On Break : Biasanya jika masa sideway lewat dan harga ke atas, biasanya akan naik tinggi, jadi bisa jadi signal beli saat break sideway (candle yang kembali jadi panjang, tentunya jika ke arah atas), baca lagi : Break Out

Learning : TA - Konsep Trend (2:Uptrend)

Seperti halnya Downtrend, pada suatu saham uptrend, harga saham tidak selalu naik,

namun kadang juga harga suatu saham mengalami koreksi setelah sebelumnya mengalami

penguatan. Jika suatu saham berada di uptrend, maka penurunan yang terjadi hanyalah

merupakan koreksi sehat yang tidak menembus batas support. Biasanya saham – saham

uptrend akan rebound kencang di supportnya…

Strategi :

1. BUY and HOLD

Karena biasanya saham – saham uptrend harganya akan terus naik..

Sampai kapan ? Sampai tanda – tanda reversal muncul (akan dibahas nanti).

2. BUY on Support

Untuk teknik ini, kita dapat membeli di garis supportnya karena biasanya saat harga

menyentuh support, akan terjadi reboun dengan intensitas yang tinggi. Namun juga

siap – siap Cut Loss ketika garis ini ditembusi.

COntoh KASUS : BUMI waktu garis support diata ditembusi, turun hingga 5500

dalam waktu 2 minggu. Atau turun 30%.


Learning : TA - Konsep Trend (1:Downtrend)

Suatu hal yang sangat penting dalam menentukan kapan untuk membeli atau

menjual suatu saham adalah Trend line atau garis trend apakah trend itu naik, turun atau sideway.

TLKM

TLKM

Dalam suatu downtrend, harga tidak selalu turun terus, namun kadang juga harga
bisa naik turun, namun tetap dalam koridor downtrend (Cenderung Turun). Dalam chart TLKM di atas dapat kita lihat bahwa harga berfluktuatif namun arahnya cenderung turun. Dan pola yang dibentuk adalah lower high atau bisa saja membentuk suatu harga yang lebih
tinggi namun tetap lebih rendah dari tertinggi yang sebelumnya.
Strategi Trading :
1. Jangan Membeli Saham yang lagi Downtrend
2. Cut Loss ketika saham yang anda beli ternyata sedang downtrend.
3. Walau downtrend, seringkali saham – saham Blue Chip memiliki area rebound
yang cukup besar. Sehingga bisa dipakai teknik HIT n RUN atau UKM
(Meminjam istilah #dolgado UNTUNG KECIL MBAT). Yaitu membeli di support
level dan segera take profit setelah mendapatklan gain / keuntungan. Dansegera Cut Loss ketika support ditembusi.

sumber :WWW.DOLGADO.COM








Tidak ada komentar:

Posting Komentar