Live World Indices are Powered by Forexpros - The Leading Financial Portal.

Selasa, 22 Desember 2009

Tiga Cara Membangun Kedisplinan

Senin, 21 Desember 2009


Salam Winner...
Ulasan berikut di ambil dari buku The Master Traders karangan Adi Ardiyan.


Kesalahan yang sering kali di lakukan trader pada umumnya adalah mereka sangat sukar menerapkan kedisiplinan sehingga mereka cenderung menjadi orang yg selalu gagal dalam berinvestasi.. Untuk mengatasinya, berikut ini ada beberapa tips guna mengatasinya :

1. Berpikirlah pada saat Anda salah bahwa harga tidak pernah kembali
WIlliam O Neil mengatakan :
"Kebanyakan investor yang tidak punya skill, keras kepala menahan kerugiannya ketika kerugiannya masih kecil dan beralasan. Mereka dapat keluar dengan harga yg murah, tetapi manusiawi untuk emosional, mereka tetap menunggu dan berharap sampai kerugiannya semakin membesar dan patut disayangkan biaya yang di keluarkan juga cukup besar"

Menyadari bahwa anda salah dan harga tidak pernah kembali lalu anda berpikir untuk segera keluar sedini mungkin sepertinya merupakan cara efektif untuk mendisiplinkan diri anda. "Harga tidak pernah kembali ketika saya salah" sehingga anda mulai melepaskan harapan yang selama ini justru menjerumuskan anda.. Anda mulai berhati-hati dan sabar untuk melakukan transaksi yang terbaik.

Mark Weinstein mengatakan :
"Batasi kerugian secepatnya. Kebanyakan trader menahan kerugian terlalu lama karena mereka berharap kerugiannya tidak semakin besar. Mereka mengambil keuntungan terlalu dini karena mereka takut keuntungannya akan berkurang. Meskipun trader sebaiknya takut akan kerugian besar dan berharap untuk keuntungan yang besar"

2. Anggaplah Anda sudah pernah mengalami kerugian yang sangat besar
Randy McKay mengatakan :
"Ketika saya terluka di pasar, saya langsung keluar, tak peduli sama sekali walaupun pasar masih berjalan. Saya hanya keluar, karena saya percaya bahwa suatu saat anda akan terluka di pasar, keputusan anda akan menjadi kurang objektif meskipun anda sudah melakukannya dengan baik. Jika anda tetap bertahan ketika pasar selalu melawan anda, segera atau berikutnya mereka akan menyeret anda keluar dari pasar".

Untuk mendisiplinkan diri dalam membatasi kerugian, sebagai seorang pemula, anda sebaiknya berpikir bahwa sebelumnya anda sudah mengalami kerugian yang cukup besar dan tidak mengulangi yang keduakalinya. Tapi jika anda pernah mengalami kerugian yang menyakitkan, nasihat paling berharga adalah "Belajarlah dari kesalahan"

Tom Basso mengatakan :
" Saya sadar bahwa setiap waktu saya mengalami kerugian, saya perlu belajar sesuatu dari pengalaman dan melihat kerugian sebagai pembelajaran pada universitas trading. Sejauh anda belajar dari kerugian, sebenarnya ini adalah bukan kerugian yang sebenarnya. Berhentilah melihat kerugian sebagai masalah dan mulailah melihatnya sebagai kesempatan untuk meningkatkan diri anda ke derajat yang lebih tinggi"


3. Anda melakukan trading ini untuk selamanya.


Sedikit sekali trader yg berpikir bahwa trading adalah aktivitas untuk jangka panjang. Kebanyakan dari mereka mengalami luka yang cukup parah dan akhirnya berhenti karena tidak bisa melanjutkan perjalanan. Ini sebenarnya terjadi karena minimnya pengettahuan yang mereka miliki. Mereka mempertaruhkan semua yang mereka miliki tanpa terlebih dahulu melakukan manajemen terhadap modal.

Monroe Trout mengatakan :
" Hampir sebagian kecil spekulator bertaruh sangat banyak dalam transaksinya. Jika anda mempunyai pendekatan untuk mendapatkan uang, kemudian money management dapat membedakan antara yang sukses dan yang gagal.. saya berusaha untuk menjadi konsevatif dalam manajemen resiko. Saya ingin memastikan saya masih bisa bermain di esok hari.Kontrol resiko adalah sangat penting"

sumber :http://angguntrader.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar