Live World Indices are Powered by Forexpros - The Leading Financial Portal.

Minggu, 10 Januari 2010

MARI KITA ME'MANAGE KEKAYAAN DENGAN CARA YANG BENAR :


Jumat, 08 Januari 2010


Salam Winner,

Bagi seorang trader sudah pasti melalui jalan hidup sehari-harinya telah dipengaruhi oleh efek psikologis trading, seperti :
1. Saham naik, kenapa ngak beli?
2. Saham Turun, kenapa tidak jual?
3. Saham terjual, tapi masih naik, aduh saham aku dirampok Bandar..
4. Saham dibeli, ternyata masih turun, Aduh kenapa Bandar begitu kejamnya dikau...
Demikian'lah efek psikologis Trader yang selalu diliputi oleh perasaan ketidak puasan, karena semuanya itu terjadi peperangan didalam batin kita antara faktor FEAR dan GREEDY (Rasa Takut dan Serakah).
Oleh karena itu Musuh Trader yang paling penting adalah bukan untuk mengalahkan Bandar atau Market, tetapi kalahkan'lah faktor Emosi diri sendiri.

"Mengatasi Keserakahan" :
Keserakahan membuat kesedihan,
Keserakahan membuat ketakutan,
Jika tidak ada keserakahan,
Bagaimana bisa ada kesedihan dan ketakutan?
(Dharmapada)

Dengan dimulai posting di awal tahun 2010 ini dengan Judul, MARILAH KITA SAMBUT IHSG DI TAHUN 2010 DENGAN SIFAT POSITIVISME, Segala Puji dan Syukur kami panjatkan kepada Tuhan, dimana IHSG telah memberikan January efek sehingga kita telah melalui seminggu awal tahun 2010 dengan kenaikan IHSG dari akhir tahun posisi 2534,36, Jumat ini menjadi 2614.37, atau naik 80,01 poin (+3.15%), dan kenaikan itu hampir seluruhnya didongkrak oleh saham-saham blue chip dan big capital.

Untuk itu tidak ada salahnya, kalau minggu ini, kita cooling down dulu dengan sedikit siraman Kerohanian, biar batin kita menjadi lebih cool.

Cara Mengelola Kekayaan :

Ketika engkau memulai sebuah bisnis atau pekerjaan
Wajar saja untuk mengumpulkan kekayaan,
Ketika engkau telah mengumpulkan kekayaan,
Engkau sebaiknya membagikannya menjadi empat bagian,
Satu bagian digunakan untuk keperluan sehari-hari,
Dua bagian dipergunakan untuk menjalankan usaha,
Satu bagian disimpan untuk keperluan mendadak.
(Samyukta Agama).

Jalan yang pantas memperoleh kekayaan :
Harta bisa seperti ular berbisa, jika didapat dengan cara yang tidak halal atau membuat pikiran menjadi penuh nafsu dan serakah.
Namun harta yang didapat dengan halal, di tangan orang yang bijaksana dan halal, merupakan sumber dana utama yang dibutuhkan untuk menyebarluaskan Dharma.
Harta memberikan kesempatan buat kita mempraktekan aspek-aspek positif dan moralitas Agama didunia ini.

Cara mendapatkan Kekayaan :
Cara yang paling sederhana dan mendasar untuk mendapatkan kekayaan adalah mempelajari sebuah “KEAHLIAN”. Begitu kita menguasai keahlian, maka kita harus mempraktikan keahlian kita dengan rajin dan jujur.
Uang yang didapat dari hasil praktek keahlian harus disimpan, di’investasikan dan digunakan secara bijaksana. Jika kita terlalu KONSUMTIF atau BOROS, kekayaan hanya menjadi AGEN PENDERITAAN, Uang seharusnya tidak dipergunakan untuk merugikan siapapun.

Amien…


Kamis, 07 Januari 2010

KITA MEMBELI SAHAM,BUKAN MEMBELI INDEX IHSG:

Salam Winner,
Setelah IHSG naik 7 hari berturut-turut dan akhirnya Rabu yang lalu turun tipis, maka Kamis ini mulai bermain di area yang merah.
Beginilah cara kerja BOZZ, ketika semua indikator sudah menunjukan jenuh beli, maka sektor perkebunanlah yang diangkat, sedangkan sektor yang lain turun sendirinya karena tidak di’maintenace oleh BOZZ.
Kenapa sektor Perkebunan yang diangkat? Karena harga saham sektor perkebunan beberapa lama ini belum mengalami kenaikan yang signifikan, sehingga saat harga CPO ada kenaikan, maka saham perkebunan langsung rally.
Demikian juga sektor properti yang Rabu kemarin melantai di bursa, hari Kamis ini masih melanjutkan rallynya.
Sedangkan sektor perbankan yang paling relatif lebih banyak terkoreksi, karena ada berita BMRI akan mengadakan Right Isue., sehingga menyeret saham banking kelas atas lainnya.
Kita membeli SAHAM’nya kok, bukan membeli IHSG, sepanjang koreksi sehat, dan perhatikan ada saham yang naik dan ada saham yang turun, berarti peluang untuk mendapatkan profit terbuka lebar.

Namun yang kita layak amati adalah :
1. Rupiah yang masih menguat terhadap dollar, tercatat U$-IDR : 9206 posisi kamis kemarin.
2. Asing masih membukukan Net Buy.
3. Kamis ini Saham relatif mixed, banyak saham yang naik dan banyak saham yang turun.
4. Perhatikan : Saham yang naik dengan volume, sedangkan untuk saham yang turun tanpa volume.
5. Kita membeli Saham, bukan membeli Index, so kenapa mesti repot amat?

Sekali lagi saya uraikan HUKUM VOLUME :
- Harga naik + Volume besar ---> BUY.
- Harga naik + Volume kecil ---> Sell On Strong (SOS).
- Harga turun + Volume besar ---> SELL.
- Harga turun + Vulume kecil ---> Buy On Weakness (BOW).

Cara Jual Saham --> Lebih baik belajar buang Kiri, daripada antri di Kanan :
Satu hal yang ingin saya sampaikan buat para trader pemula, ketika kita sudah yakin untuk menjual, belajar’lah untuk lempar kiri, lakukan’lah penjualan pada waktu yang tepat sebelum orang lain melakukannya.
Beda halnya dengan melakukan Pembelian, kalau kita tidak hit kanan, resiko’nya hanya kehilangan keuntungan, sedangkan saat melakukan penjualan kita terlambat, maka kita harus buang 1-2 level dibawahnya lagi, sehingga kerugian makin besar.
Apalagi ketika main dengan saham gorengan, gimana bisa menggunakan rule 3-5%, wong bandarnya saja sekali buang bisa 10 level. Tentunya bagi trader pemula hanya bisa duduk bengong, dan akhirnya hanya bersifat bersabar menanti saham itu naik kembali, dan kenaikan itu hanya’lah sebuah penantian yang tidak kunjung datang.

Tidak mungkin selalu kita bisa melakukan pembelian dan penjualan pada harga yang terbaik, tetapi ketika bisa mengambil tindakan beli dan jual dengan benar itu sudah merupakan keputusan yang BAIK.

sumber :http://angguntrader.blogspot.com/
sumber gambar :http://www.eurosnobolso.no.comunidades.net/dinheiro-no-pc.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar